Rabu, 02 November 2011

Mulaiiii dan mulailahh...


Datangnya "ide" bukan hal yang mudah, terlebih ketika "ide" menjadi sesuatu yang harus ada pada saat itu juga..ujung-ujungnya bukan ide yang muncul..namun justru stress yang muncul dengan setia. hahahahaha.
Yang namanya mencari ide memang bukan hal yang mudah..tapi ya mau gimana lagi..tetap harus mulai dan jalan, bukan hal yang gampang ketika rasa "mut" itu hilang. Menulis sebatas satu paragraf pun rasanya seperti mendorong sebuah bangunan yang kokoh tegak berdiri, namun jika bangunan itu dipindahkan per bagian yang mampu untuk kita angkat, niscaya rumah itu akan berpindah posisi sesuai dengan keinginan kita.

Jika rasa "mut" itu datang..dia gak kenal waktu dan keadaan serta kondisi. Ada yang pas lagi melamun..ada yang pas lagi "nongkrong" di WC, ada yang lagi pas ngobrol ama teman2..bahkan ada yang muncul pas lagi liatin aktifitas orang lain. Ya..memang terkadang akan butuh waktu yang lama sampe ide dan rasa mut itu "tune in",  ..tapi apa salahnya jika semua itu dijalankan dengan perlahan dan selalu berdoa agar tetap diberi kelancaran dan kemudahan. Segala sesuatu yang memang menjadi tugas dan kewajiban..atau sekedar niat untuk melaksanakan suatu project..harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh..agar apa yang dihasilkan akan sesuai dengan keinginan.

Ide skripsi ato ide penelitian juga begitu. Banyak kendala yang dirasakan..terlebih hambatan yang memang aslinya ada di diri kita sendiri, sehingga membuat ide itu menjadi "bangunan" yang benar-benar gak bisa dipindahkan..akhirnya..jalan terakhir yang biasanya diambil oleh si orang..adalah "dibumi hanguskan" saja tuh bangunan...memang gak ada salahnya..jika nanti bisa bikin bangunan yang baru..namun jika gak bisa..maka akan semakin sia-sia saja bangunan yang  tak tersisa itu. 

Solusi yang bisa saya tawarkan..ya coba deh..banyak-banyak baca jurnal..ato kalo males baca...banyak-banyak ngobrol sama teman yang bisa "klop" kalo di mintain pendapat..ato minta pendapat dengan alumni dan kakak angkatan yang sudah lebih pengalaman..bahkan bisa langsung ke dosen pembimbing ato dosen yang bisa memberikan ide dan masukan. sehingga..apa yang ada di pikiran kalian..ada penyalurannya..ada yang bisa memberikan alternatif dan siapa tau..justru muncul ide baru yang lebih gila..lebih extreem...tapi justru lebih gampang buat dijalanin. 

sooo...siapapun yang menemui kebuntuan (seperti saya...heheheheh) mulai dan mulailahhh...memang harus sabar...dan terus cariii..dan cariii...dan terus galii..smoga kita semua selalu diberi kemudahan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan..aamiin...